Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Penyebab memori internal Android cepat penuh dan cara mengatasinya

Sobatlima.com Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan yaitu 5 penyebab ruang memori pada HP Samsung dan lainya cepat penuh dan menjadi lambat. Ponsel yang saat ini saya gunakan saat ini adalah Samsung J2 Prime ,menurut saya ponsel ini sangat rentan sekali kehabisan ruang pada memori ponsel nya. Sekarang kita akan bahas satu per satu dari lima penyebab ruang memori cepat penuh.Dan tentu saja bisa mengurangi kinerja ponsel kita jika memori internal cepat penuh

1.Pembaruan Aplikasi otomatis
yang pertama adalah pembaruan aplikasi sistem secara otomatis yang seringkali menambah beban memori internal.Untuk mengecek aplikasi yang akan memperbarui secara otomatis,kita bisa melihatnya di Play Store Aplikasi system mana saja yang memang minta pembaruannya.Caranya buka Playstore, kemudian kita lihat pada bagian sebelah kiri , selanjutnya pilih aplikasi dan game saya. Disini temen-temen bisa melihat daftar pembaruan yang harus kita lakukan.Jika pada panel ada notif pembaruan aplikasi otomatis diaktifkan,maka semua aplikasi akan update otomatis. Untuk menghindari pembaruan secara otomatis teman-teman bisa klik 3 strip di sebelah kiri kemudian kita masuk ke setelan.Lalu  kita buka kemudian ada tulisan update aplikasi secara otomatis.Jika di klik akan muncul 3 pilihan pembaruan dan sobat bisa pilih nonaktifkan pembaruan otomatis.


2.Kesalahan menghapus Aplikasi

 Yang kedua yang menyebabkan memori pada Samsung cepat penuh adalah kesalahan ketika teman-teman melakukan hapus aplikasi.Kebanyakan jika teman-teman yang ingin menghapus aplikasi biasanya secara instan contoh misal seperti ini saya akan menghapus aplikasi shareit kebanyakan dari teman-teman hanya menekannya kemudian pilih hapus instalasi. Cara ini sebenarnya tidak baik karena sisa file dan data aplikasi akan tertinggal dan tentu saja akan memenuhi ruang penyimpanan internal.Yan harus dilakukan sebelum teman-teman melakukan Hapus instalan seharusnya menghapus file data aplikasi terlebih dahulu. Caranya adalah teman-teman harus masuk ke penyimpanan media penyimpanan kemudian buka dan di sini ada pilihan  hapus data.Kemudian kita pilih hapus.Nah setelah itu kembali dan  sekarang baru lakukan Hapus instalan. Setelah menghapus aplikasi ini maka Tentu saya selain aplikasinya yang terhapus untuk data dan juga file-file sampah yang mengikuti aplikasi yang dihapus tadi akan semuanya terhapus.

3.Download / unduhan



Untuk hal ketiga yang sering membuat memori internal telepon cepat penuh adalah download. Saat sobat mendownload sebuah file apa saja,bisa gambar,audio maupun video semua hp android akan langsung tersimpan di memori internal.Biasanya ada pada folder download. Pada beberapa hp bisa diatur untuk ruang penyimpanan hasil download sehingga setiap sobat mendownload sebuah file,maka akan langsung otomatis tersimpan pada memori eksternal.Jika HP sobat tidak bisa di setel langsung,maka sobat bisa memindahkan secara berkala bisa seminggu sekali agar memori internal tidak cepat penuh.

4.Kurangi aplikasi 

Untuk yang ke-4 adalah jika hp sobat masih memiliki RAM yang terbatas yaitu dibawah 2 Giga, instal aplikasi dan game seperlunya saja karena jika terlalu banyak jelas bisa membebani memori internal telepon. Terutama aplikasi yang tidak bisa disimpan di memori eksternal seperti WhatsApp, facebook Instagram dan lain-lain.

5.Aplikasi penerima file

Beberapa aplikasi penerima file seperti WhatsApp Shere it akan secara otomatis menyimpan dokumen pada memori internal telepon. Sebagai contoh misalnya WhatsApp, terutama jika sobat mengikuti beberapa grup WhatsApp yang seringkali memposting video atau foto dengan ukuran yang cukup besar. Video-video tersebut akan tersimpan otomatis pada folder WhatsApp. Sobat bisa periksa di pengatur file lalu memindahkannya secara berkala. Begitu juga dengan shareit, semua file yang diterima juga akan tersimpan di memori internal telepon. Dan pasti akan segera memenuhi jika file-file tersebut ukurannya sangat besar. Solusinya tentu saja adalah dengan memindahkan file tersebut ke memori eksternal agar kinerja telepon lebih ringan

Demikian 5 penyebab memori internal Android cepat penuh dan beberapa cara mengatasinya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab memori internal Android cepat penuh dan cara mengatasinya"