Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Cara klaim/cairkan BPJS Tenaga Kerja(jamsostek) tanpa Paklaring di Temanggung



Sobatlima.com || Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan/ Jamsostek tanpa paklaring || Tips umum 
BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulu disebut Jamsostek terus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan. Beberapa tahun lalu saya mencairkan BPJS TK setelah keluar peraturan baru bahwa setelah berhenti bekerja (PHK) dalam masa satu bulan maka BPJS dapat dicairkan 100%.Untuk prosesnya tidak terlalu sulit waktu itu.

"Dalam urusan apapun  asalkan semua berkas kelengkapan ada dan sesuai yang ditentukan dari pihak BPJS semuanya akan lancar dan cepat selesai".

Dan menurut saya untuk sistem administrasi dibidang apapun telah mengalami kemajuan pesat dibanding beberapa tahun kebelakang . Apalagi didukung perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat dan canggih. Bpjs  pun tidak ketinggalan untuk meluncurkan layanan yang semakin mempermudah pelayanan seperti E-Klaim BPJS,cek saldo online melalui aplikasi dll. Pada artikel ini akan saya sharing pengalaman pribadi cara klaim/pencairan BPJS Tenaga kerja offline dikantor BPJS Temanggung. Sedangkan pencairan bpjs online atau E-klaim akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

cara,klaim,bpjsjht,jht,tanpa,paklaring


Untuk pencairan BPJS yang sudah berhenti bekerja (PHK ,habis kontrak dll) "dapat mencairkan Saldo BPJS/JHT 100%" namun dengan syarat pengajuan klaim hanya bisa dicairkan setelah 1 bulan dari berhenti kerja. Sedangkan jika sobat masih bekerja dapat juga mencairkan BPJS namun hanya sebesar 10 atau 30 % saja. Pertama kali saya mencairkan saldo BPJS tahun 2016 setelah saya berhenti bekerja dari PT. Dharma Satya Nusantara. Proses di Kantor BPJS Temanggung terbilang cepat.Syarat yang perlu disiapkan adalah :

1.Kartu BPJS (JHT) asli dan Fotocpy 2 lembar

2.KTP asli dan  Fotocopy 2 lembar

3.Kartu Keluarga asli an Fotocopy dua lembar

4.Paklaring (Surat pengalaman kerja) asli dan fotocopy     1 lembar

5.Fotocopy buku rekening (disarankan atas nama sendiri)

Setelah  syarat diatas lengkap sobat bisa datang ke kantor bpjs setempat. Untuk kabupaten temanggung beralamat di :

Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kab. Temanggung  Jl. Jenderal Sudirman No.119A, Kauman, Kowangan, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56218

Ada satu hal penting lagi yang harus dibawa,yaitu " bolpoint" jelas disana pasti akan antri dan bolpoint yang disediakan cuma 3 sewaktu saya kesana.
Di kantor BPJS,mintalah formulir klaim di bagian informasi. Isi sesuai formulir dan jika ada yang tidak jelas bisa ditanyakan. Jika sudah,serahkanformulir tersebut beserta syarat yang dibawa ke bagian informasi untuk diperiksa. Jika dinyatakan lengkap maka sobat akan diberi nomor  antrian dan tinggal menunggu.

Jika sobat dipanggil akan diarahkan ke loket klaim. Disitu berkas sobat akan di cek kebenaran data asli dan fotocopy. Biasanya akan ada beberapa pertanyaan dari petugas BPJS. Waktunya tidak lama,hanya beberapa menit saja. Setelah selesai berkas akan di cap dan sobat diberi slip data saldo JHT terakhir.Sobat tinggal menunggu kurang lebih 1 minggu untuk pencairan saldo BPJS yang akan masuk ke rekening sobat.
Memang jika syarat lengkap dan sesuai pencairan langsung BPJS cepat dan mudah. Syarat paling penting dalam proses klaim adalah Paklaring atau surat pengalaman kerja.

"Lalu bagaimana jika paklaring tidak ada karena perusahaan tutup atau hilang ? Bisakah klaim bpjs tetap bisa diajukan? Jawabanya sangat bisa.."

Sharing lagi pengalaman....

Jadi ceritanya istri saya kerja di PT BAROKAH AGAWE MAKMUR di jln tembus pringsurat,Kranggan Temanggung. Perusahaan tersebut tutup dan belum sempat memberikan paklaring pada seluruh pekerja di pt tersebut termasuk istri saya. Karena baca di internet jika tidak ada paklaring maka tidak bisa dicairkan maka inisiatif saya bertanya langsung pada petugas BPJS. Dan alhamdulillah bisa...

Contoh pernyataan pengganti paklaring


Saya bertanya pada petugas BPJS dan diberi beberapa pertanyaan salah satunya adalah dimana dulu bekerja. Maka petugas akan memeriksa data apakah benar perusahaaan tersebut tutup. Jika benar tutup,petugas akan memberikan formulir surat pernyataan yang harus bermaterai,pernah bekerja di PT :..... Dan  beberapa data lainya. Jika perusahaan masih aktif (mungkin pindah di tempat lain) Pihak bpjs akan menghubungi perusahaan tersebut dan meminta konfirmasi.
Jadi untuk pencairan saldo bpjs/JHT jika sobat tidak memiliki paklaring,sobat bisa mengganti dengan surat pernyataan tersebut atau juga bisa meminta surat keterangan tidak bekerja di Disnaker setempat. Untuk caranya sama dengan klaim BPJS biasa hanya syarat paklaring diganti dengan surat pernyataan bermaterai tersebut. 

Demikian cara klaim BPJS ketenaga kerjaan/JHT tanpa paklaring.Jika sobat punya pengalaman lain atau pertanyaan bisa menambahkan di kolom komentar agar bermanfaat untuk yang lain. Pada artikel berikutnya juga akan saya bahas cara klaim BPJS tenaga kerja/JHT tanpa kartu peserta BPJS karena hilang.





Posting Komentar untuk "Pengalaman Cara klaim/cairkan BPJS Tenaga Kerja(jamsostek) tanpa Paklaring di Temanggung"