Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memulihkan akun Facebook lupa sandi,terkunci,di hack atau lupa email

Facebook merupakan situs jejaring sosial terpopuler untuk saat ini.Total pengguna facebook hingga akhir tahun 2018 ini mencapai 3 milyar lebih pengguna aktif di seluruh dunia..
woww...! Di indonesia sendiri termasuk negara yang cukup banyak pengguna aktif bahkan januari 2018 menduduki peringkat keempat dunia dengan 130 juta pengguna.
Memang kepopuleran facebook terus membuat dunia semakin sempit.Bayangkan saja,sedikit infobatau berita bisa menjadi viral dan heboh hanya dalam hitungan jam.Bahkan menit.Selain itu Facebook  juga bisa menjadi tempat strategis untuk bidang pemasaran produk,jual beli online dll.Tak heran seiring berkembangnya waktu ,facebook mulai mengikuti jejak google dibidang publisher periklanan.Jika google terkenal dengan adsense sebagai tempat berburu dollar,maka Facebook juga mengeluarkan Facebook instant article dan juga Facebook ads creator untuk platform video.
Begitu banyak manfaat atau kegunaan Facebook mulai dari mesenger hingga VC.Namun tetap saja ada tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.Mereka adalah para hackers,pencuri akun atau bahkan teman kita sendiri yang suka iseng.Walhasil,jika akun  fb kita dicuri,tentu data pribadi kontak dan yang lain bisa disalah gunakan.Bisa juga akun kita dipakai untuk melakukan penipuan.Parahnya lagi jika akun kita dibuat iseng untuk memposting hal hal seperti menghina orang atau memfitnah,bisa -bisa kita akan dituduh melanggar UU ITE semisal ujaran kebencian.Bahaya bukan???.Jika sudah begitu,yang perlu kita salahkan adalah diri kita sendiri karena lalai menjaga privasi akun kita.
Biasanya kelalaian ada pada kita sendiri karena sering kurang mengikuti protokol keamanan akun.Facebook sendiri juga terus memperbaiki sistem keamanan akun.Jadi jika ada notifikasi perubahan sistem sebaiknya sobat ikuti saja.Jika cuma lupa sandi atau pasword mungkin bukan masalah besar karena kita bisa buat akun baru.Yang jadi masalah adalah ketika email dan sandi kita diiketahui,atau diretas dan memposting hal hal yang tidak kita inginkan..
Nah ,untuk post kali ini sobatlima akan sharing beberapa cara untuk memulihkan akun karena lupa pasword,terkunci,dinon aktifkan atau karena dibajak.
1.Lupa pasword dan email
Kesalahan paling lumrah dan sering terjadi adalah saat kita lupa sandi.Jika lupa email atau no hp sobat tetap masih bisa masuk dengan mengetik nama akun asalkan sandi tidak lupa.Lalu bagaimana sobat tidak ingat kata sandinya.Cara ini sangat mudah asalkan sobat masih punya akses ke email atau no hp yang kita pakai untuk sign up atau mendaftar di facebook.
*Pada dasbor masuk ketuk" lupa kata sandi"
*Masukkan email atau no hp.jika lupa bisa mencari dengan nama akun
*Lalu pilih "mendapatkan kode untuk rubah kata sandi"bisa melalui email atau no hp
*Buka email atau pesan masuk
*Catat 6 digit kode dan masukan pada kolom verifikasi klik ok
*Masukkan kata sandi baru minimal 6 digit
*Facebook sudah bisa digunakan kembali
Untuk cara pertama ini hanya jika kita masih bisa punya akses ke email atau no hp.Cara ini juga berlaku untuk akun yang dibajak namun oleh hacker tersebut belum dirubah email maupun akun.
2.Akun dinonaktifkan/ diblokir
Akun bisa dinonaktifkan atau diblokir oleh facebook jika melanggar peraturan .Artinya kita tidak dapat login.Berdasarkan info yang saya ambil dari laman pusat bantuan beberapa contoh pelanggaran adalah
"Memposting konten yang tidak mematuhi Ketentuan Facebook misal foto yang tidak pantas,jorok dsb
Menggunakan nama palsu dan
Berpura-pura menjadi orang lain hal ini biasanya jika kita meniru identitas seseorang dan orang tersebut melaporkan ke facebook.
Tetap melakukan perilaku yang dilarang di Facebook berkali-kali  dan biassanya akun ini akan dinonĂ ktifkan  permanen
Menghubungi orang lain untuk tujuan pelecehan, periklanan, promosi, atau perilaku lainnya yang dilarang.
Namun beberapa poin diatas masih bisa diatasi dengan mengirimkan formulir bantuan .Caranya dengan ketuk menu pusat bantuan lalu cari pada kotak pencarian " akun saya dinonaktifkan" lalu klik "gunakan formulir ini  untuk pengajuan banding" (berwarna biru)
Lalu kita akan diarahkan untuk mengisi beberapa formulir yaitu email,kata sandi dan penyataan bahwa kita sudah menghapus masalah atau konten yang melanggar kebijakan.Biasanya dalam 24 jam akun kita bisa kembali.Namun sedikit catatan jika kita berulangkali melanggar maka akun akan dihapus secara permanen.
3.Reset pasword dengan kontak terpercaya
Cara ketiga ini sama seperti kita mereset pasword baru.Hanya saja kita harus terlebih dahulu menyetting 3 kontak atau akun fb teman kita yang mudah dihubungi.Cara ini jarang digunakan karena terkesan ribet.Padahal sangat berguna jika kita lupa atau tidak bisa mengakses email kita.
caranya  adalah pada menu pusat bantuan klik " minta bantuan kontak terpercaya"
maka secara otomatis facebook akan mengirimkan kode pada ketiga akun teman kita yang sebelumnyabsudah kita setting.Kita tinggal meminta kode tersebut dan memasukkan pada kolom yang tersedia.Lalu kita bisa masuk kembali ke akun.
4.Akun dibajak , email dan pasword dirubah
permasalahn ketiga adalah jika akun kita dibajak namun pasword dan email dirubah oleh hacker sehingga kita tidak bisaa melakukan reset kata sandi seperti pada poin pertama.Apakah bisa? jawabanya adalah Bisa.!
caranya pertama kita klik pusat bantuan lalu search pada kolom "saya tidak merubah kata sandi dan email"
atau bisa menuju link  ini:
https://www.facebook.com/help/203305893040179
Lalu periksa pada bagian catatan :
“Catatan: Jika email yang terhubung dengan akun Facebook Anda berubah, Anda dapat mengembalikan perubahan ini. Ketika email diubah, kami mengirim pesan ke akun email lama dengan tautan khusus. Anda dapat mengeklik tautan ini untuk mengembalikan perubahan email dan mengamankan akun Anda.”
Sobat bisa langsung klik "tautan ini"( warna biru) dari situ facebook akan mengirimkan link tautan ke email lama kita.
Buka email lalu cari email dari help@facebook.com
Biasanya diawali dengan kata "
Dear namakamu
we received........bla..bla...
Kita tinggal klik link atau tautan pada email tersebut.Link pertama adalah untuk pembatalan penggantian email.Lalu buka email kedua ( perhatikan tanggal dan jam kedua email sama hanya beda beberapa detik)
untuk verifikasi.Dan kita akan diarahkan untuk reset kata sandi seperti cara nomor 1.
5.Melalui pelaporan akun
Cara terakhir ini adalah jika kita sudah menggunakan cara cara diatas dan tidak berhasil.Jadi kita sama sekali tidak mempunyai akses ke akun facebook.Baik melalui email ,hp maupun.Dan jika cara ini tidak berhasil juga ,maka jalan satu-satunya adalah dengan menghapus akun secara permanen melalui pusat pelaporan akun.Supaya akun kita tidak  disalah gunakan orang lain.
Berikut ini langkah untuk mengembalikan akun facebook melalui  pelaporan akun.Sebelumnya siapkan dulu email baru yang belum pernah didaftarkan sebelumnya.Dan perlu diketahui bahwa Facebook juga mempunyai algoritma untuk mencatat lalulintas akun,jadi kemungkinan besar keberhasilan jika kita memakai perangkat yang sering kita gunakan untuk mengakses akun tersebut
Langkah pertama kita menuju menu "Pusat bantuan  pada laman utama login facebook
-cari menu "Kebijakan dan pelaporan" klik
-ketuk "Akun yang dibobol dan palsu"
-Pilih "Sepertinya akun saya diretas dan seseorang telah ......dst"
-Ketuk link "kunjungi halaman ini"
-Pilih "Akun saya dibobol"
-Masukkan email/no hp akun yang dihack
-Masukkan pasword lama..jika muncul peringatan,ketuk "yang baru"
-Pilih "tidak punya akses kesini lagi"
-pilih"saya tidak dapat mengakses email saya"
-Masukkan email baru yang tadi dibuat
-Tunggu 1 atau 2 jam
-Buka email yang baru dan klik tautan
-masukkan email baru dan kata sandi baru
-Pilih " tinjau perangkat lain " lalu ketuk "keluar dari semua sesi"
-SELESAI

3 komentar untuk "Cara memulihkan akun Facebook lupa sandi,terkunci,di hack atau lupa email"

Ahiung coll 05.04 Hapus Komentar
Akun Facebook saya gak bisa dibuka lagi saya lupa sandi nya dan email ny yg lama saya pakai ymail.com..itu pun gak masuk ke Google Gmail nya..boss bisa tlng bukan kan gak soal Facebook itu penting buat saya ..saya ad pakai no.tlf di Facebook nya Mash aktif no nya boss mohon di bantu ya boss 082151499831 yu no.di Facebook adyen email.liungj@ymail.com
Jack Anggono 23.43 Hapus Komentar
Masuk saja pakai nomer tersebut lalu klik..lupa sandi. Nanti akan dikirim ke nomor tersebut
Ahiung coll 09.15 Hapus Komentar
Ga bisa boss dia kirim nya ke email liungj@ymail.com ini tp email nya Google Uda hilang dia kirim bkn melalui tlf tp email yg tadi