Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Akibat negatif tidur dengan kipas angin menyala

Sobatlima.com  Cuaca panas dan gerah bisa terjadi kapan saja.Bahkan malam hari sewaktu kita tertidur pulas.Apalagi saat musim hujan justru pada malam hari cuaca terasa gerah dan panas.Di indonesia sebenarnya tidak ada musim  panas,yang ada adalah musim hujan dan kemarau.Musim panas identik dengan cuaca panas dan udara kering.Sedangkan di negara kita,musim kemarau bisa saja memiliki suhu yang lebih sejuk dibanding musim penghujan.Itulah sebabnya suhu pada musim hujan lebih tinggi terutama pada malam hari.Karena sifat air yang menyerap panas dan karena kelembapan udara yang terlalu rapat maka suhu akan menjadi lebih tinggi.
Lalu mengapa di musim hujan justru suhu sekitar kita lebih panas di malam hari? jawabanya  adalah karena sifat air yang lambat menyerap panas matahari dan bisa lebih lama  menyimpan panas tersebut.Mungkin sobat sering merasa gerah di malam hari apalagi saat mendung.Hal tersebut terjadi bahkan di dalam ruangan.Termasuk rumah ataupun kamar tidur.
Lalu apa yang biasa kita lakukan jika cuaca gerah dan panas...? untuk ruang yang ber AC pasti menyalakan AC dan  bisa mengatur suhu ruang sesuai kenyamanan.Yang mungkin orang anggap sepele adalah kipas angin.Untuk jangka pendek memang memakai kipas angin akan terasa nyaman.Namun jika terlalu lama memakai kipas angin,terutama saat tidur dan malam hari,ada beberapa akibat negatif yang bisa ditimbulkan.
Pada post kali ini sobatlima.com akan membahas tentang 5 bahaya atau akibat negatif menggunakan kipas angin terlalu lama.Sekedar sharing agar kita tidak menyepelekan hal kecil yang mungkin bisa berbahaya terutama untuk anak anak.

1.Kekurangan oksigen

Menyalakan kipas angin didalam ruangan apalagi jika ventilasi kurang.Akan berakibat aliran udara hanya berputar di sekitar ruangan.Sirkulasi udara menjadi tidak lancar.Karena itu tubuh akan kekurangan oksigen yang justru membuat tidur kita semakin tidak nyaman.Apalagi jika kipas angin langsung dihadapkan ke wajah atau hidung.Rasa sesak akan terasa jika sobat tidak segera mematikan kipas angin tersebut.
Lalu apa akibat fatalnya? tubuh yang kekurangan oksigen dalam bahasa ilmiah disebut hipoksia .Semua organ kita membutuhkan oksigen agar bisa berfungsi dengan baik.Jika tubuh kekurangan oksigen terus menerus bisa mengakibatkan beberapa organ mengalami luka.Untuk jangka pendek memang tidak begitu terasa.Akibat paling fatal adalah anoksia atau tubuh dalam kondisi nol oksigen.Dan itu sangat berbahaya karena organ organ tidak dapat berfungsi.Namun hal ini jarang terjadi.Anoksia dapat terjadi jika penderita terkena hipoksia akut dan tidak segera ditangani.

2. Penurunan Suhu Tubuh

Hembusan udara dari kipas angin yang terus- menerus bisa mengakibatkan suhu tubuh menurun. Hal tersebut tentu berbahaya karena akan mengganggu keseimbangan tubuh. Dengan menggunakan kipas angin baik didalam maupun diluar ruangan maka produksi keringat akan berkurang, padahal keringat adalah salah satu upaya dari tubuh untuk mengatur suhu dan sekaligus keseimbangan tubuh.

3.Alergi dan penyakit

Hembusan udara dari kipas angin akan membuat debu,partikel,spora dan kotoran kecil lainya beterbangan kesanna kemari.Apalagi dalam ruangan tertutup.Ditambah jika kipas angin jarang dibersihkan,maka berpotensi mengakibatkan sinus pada hidung dan alergi lain karena debu maupun partikel kotoran akan terhirup saat kita bernafas.Hal ini juga berbahaya untuk orang yang memiliki riwayat penyakit asma dan paru paru

4.Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi dimana aliran darah terhambat atau putus karena penurunan suhu tubuh yang sapngat drastis.Pada awalnya kita akan merasa seperti kesemutan dan makin lama jari tangan dan kaki mengkerut hingga tidak terasa apapun.Kondisi ini juga bisa terjadi jika kita menggunakan kipas angin terlalu lama terutama di malam hari.Biasanya kita tidak menyadari karena tidur sambil menyalakan kipas angin.Namun hal ini sangat kecil kemungkinanya karena pasti jika kita kedinginan,kita akan menghentikan penggunaan kipas angin.

5.Bels palsy

Bels Palsy adalah sebuah penyakit pada wajah dimana penderita akan susah berekspresi,senyum dll.Hal ini disebabkan karena sistem syaraf pada  wajah mengalami pengencangan dikarenakan terpapar suhu dingin secara terus menerus.Penggunaan kipas angin terutama yang diarahkan pada wajah dalam jangka lama bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Itulah beberapa potensi bahaya menggunakan kipas angin dalam jangka waktu yang lama.Jadi sangat dianjurkan untuk memakai kipas angin seperlunya saja.Apalagi untuk balita.Perut balita sering kembung dengan penggunaan kipas angin dalam waktu lama
sampai jumpa pada artikel berikutnya

3 komentar untuk "5 Akibat negatif tidur dengan kipas angin menyala"

Wan Zul Chairansyah S.Pd 20.49 Hapus Komentar
Nah, kalau saya terlalu lama menggunakan kipas angin, akibatnya malah sering buang angin. Saya lebih cocok dengan AC dibanding kipas angin. Trims infonya. Moga agan mau mengunjungi gubuk ane ya, http://catatanwanzul.blogspot.com
M Rizky R 10.35 Hapus Komentar
wah ternyata berbahaya juga. selain bikin masuk angin ternyata ada bahaya kesehatan lainnya. sedikit tambahan. blog nya gak bisa di akses kalau tanpa www. sebaiknya di settingan di aktifkan auto redirect ke www nya. salam dari www.nhentai7.zone.id
Jack Anggono 23.10 Hapus Komentar
trims gan atas saran dan masukanya