Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan murah yang bikin motor kamu kinclong part 2

Jumpa lagi di sobatlima.com Media sharing dan informasi.Kalau pada artikel yang lalu yaitu
5 Bahan alternatif murah meriah yang bikin motor kamu kinclong dan masih sebatas pada dek,leksil dan mika penutup speedometer.Maka pada pos kali ini saya akan melengkapi tips dan trik untuk membersihkan beberapa bagian lain dengan bahan alternatif lain.
Motor untuk yang sudah lama pasti terdapat karat dan sejenisnya seiring dengan pemakaian.Panas,hujan,lumpur jadi satu membuat berbagai jenis proses alami terjadi,seperti karat contohnya.
meskipun begitu sobat tidak perlu khawatir,banyak produk untuk antikarat pada blok mesin,knalpot dll.
Nah ini adalah beberapa cara alternatif yang bikin motor kamu kinclong part 2.

1.Ramuan kola untuk knalpot

Karat kekuningan pada knalpot pasti terjadi.Apalagi pada motor lama terutama pada bagian yang berdekatan dengan mesin.Karat begitu tebal dan bisa dibilang sebagai kerak.Untuk bahan alternatif pertama yang saya coba adalah Cola dan brasso.
Bahan yang dipersiapkan adalah minuman berkarbonasi bisa Cocacola atau big cola yang selanjutnya kita sebut kola biar enak di lidah.
Caranya adalah dengan mencampur kola tersebut dengan Brasso (pembersih logam)
Memang fungsi brasso untuk menghilangkan karat pada logam.Tapi khusus untuk knalpot berkerak akan sangat sulit jika hanya menggunakan brasso dan pasti akan boros.
Jika menggunakan campuran ini yang sudah saya coba ternyata lebih cepat dan tidak membutuhkan amplas dan sebagainya.Jadi campurkan kurang lebih 50:50 pada gelas (sedikit saja terganting luas karat) dan gosok perlahan dengan sikat gigi bekas.Setelah karat hilang,diamkan sejenak lalu di lap dengan kain hingga bersih.

2.Campuran kola kedua

Alternattif kedua ini saya coba lebih cepat jika dibandingkan kola dan brasso.Untuk pengaplikasianya sama saja dengan cara no 1 hanya beda pada campuran saja.Untuk yang ini,brasso diganti dengan cairan pemutih pakaian.Saya pernah mencoba 2 campuran ini sekaligus pada knalpot berbeda dengan tingkat karat yang hampir sama.Dan ternyata hasilnya lebih cepat dan lebih mengkilap.Namun kembali pada sobat semua,cara mana yang akan di pakai.Kalau saya sarankan,untuk pembersihan knalpot bisa menggunakan alternatif no.2 ini.

3.Alternatif pembersih blok mesin agar  
mengkilap

Selain cara diatas,khusus untuk blok mesin dengan kotoran yang membandel ada juga cara alternatif dan murah meriah.Biasanya mungkin sobat memakai autosol.Disini ada beberapa bahan yang bisa kita pakai.Bahan tersebut mudah didapat karena kita memakai sehari hari.Langsung saja,bahan pertama adalah Asam cuka atau nama ilmiahnya acetic acid.Yang kedua adalah sunlight (pencuci piring),pasta gigi dan air.
Untuk cara pembuatanya adalah semua bahan dicampur dengan perkiraan untuk air setengah gelas kecil (220 ml) dan ketiga bahan lainya 1 sendok makan.Campur semua bahan dengan diaduk sampai rata.
Sedangkan cara membersihkanya digosokkan dengan sikat gigi dan kuas.Namun sebelumnya dibasahi dulu blok mesin terutama yang paling kotor.Dalam beberapa menit akan terlihat hasilnya.Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Bahan murah yang bikin motor kamu kinclong part 2"