Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Reflek sepele ini ternyata bentuk perlindungan/imun otomatis pada tubuhkita

Tuhan menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya dan sempurna.Berjuta keajaiban tidak kita sadari ada didalam tubuh kita.Oleh karena itu sepatutnya kita bersyukur.
Jika kita diberikan kesehatan ,itu adalah anugrah besar yang diberikan tuhan.Banyak sekali kelebihan kelebihan yang tuhan berikan pada kita dibandingkan mahluk lain.Contohnya otak.Bahkan seorang manusia dengan kecanggihan atau ilmu apapun tidak akan mampu menciptakan otak dengan kerumitannya.
Ada beberapa hal yang seringkali tubuh kita lakukan tanpa kita bisa mengendalikanny.Hal tersebut terjadi begitu saja secara otomatis.Tanpa kita sadari,ternyata hal tersebut adalah sebuah reflek perlindunga pada tubuh kita secara alami.Apa saja?
inilah 5 hal reflek sebagai bentuk perlindungan secara alami

1.Bersin

Bersin itu nikmat dan kita disunahkan mengucapkan Alhamdulillah setiap kali kita bersin.Hal tersebut bukan tanpa alasan.
Bersin adalah sebagai bentuk respon tubuh ketika saluran pernafasan kita dimasuki oleh kotoran( debu,serbuk dll).Termasuk saat kita mendapatkan gejala influenza.Saluran pernafasan begitu sensitif karena sedikit saja  kotoran masuk akan langsung merespon dengan bersin.Jadi sobat jangan lupa ucapkan syukur kalau bersin ya...

2.Merinding

Sobat lima pasti mengalami hal ini.Misalkan cuaca sangat dingin tiba tiba badan merinding dan timbul bintik bintik kecil disekujur tubuh.Hal tersebut terjadi sebagai upaya tubuh untuk beradaptasi terhadap dingin.
Merinding adalah proses pengurangan suhu panas didalam tubuh sesuai dengan kondisi disekitarnya.
Lalu kenapa waktu kita lewat tempat tempat angker juga merinding.Sama saja prosesnya,dalam kondisi takut kita juga melepaskan sebagian panas tubuh.Untuk tingkat lebih tinggi biasa disebut keringat dingin.

3.Menguap

Menguap memang dikaitkan dengan rasa kantuk tak tertahankan.Namun sebenarnya adalah reflek dari kelatihan otak setelah bekerja keras.Apalagi jika kita selepas berfikir terlalu berat,banyakpekerjaan di kantor misalnya,otomatis kita akan cepat mengantuk.Jadi fungsinya seperti refresh pada komputer kita.

4.Menangis/ Airmata

Menangis adalah sebagai bentuk perlindungan emosional tubuh saat menglami tekanan.Stres,sedih ataupun saat bahagia kita bisa menangis.Memang selain hal tersebut,mata juga akan otomatis mengeluarkan airmata jika ada kotoran yang masuk.Tapi hal positif yang kita dapat setelah menangis,pikiran kita akan terasa lega.

5.Cegukan.

Cegukan biasa terjadi saat ataupun sesudah makan.Memang menyebalkan apalagi saat kita di restoran,forum resmi ataupun kondangan.
Cegukan terjadi sebagai signal bahwa kita terlalu banyak menelan makanan.Biasanya kita akan langsung minum air putih untuk meredakannya.Selain hal tersebut,penyebab lainya adalah iritasi ringan pada syaraf pneumograstic oleh makanan yang dikunyah belum terlalu halus.Jadi biasakan mengunyah makanan lebih lama agar tidak terjadi cegukan.

Itulah sedikit reflek imun perlindungan pada tubuh yang sering terjadi tanpa kita inginkan.Tetap terus ikuti tips dan informasi menarik dari sobatlima.com .Sobat bisa juga kirim kritik,saran maupun artikel di halaman contact us.See you

Tambahkan teks

Posting Komentar untuk "5 Reflek sepele ini ternyata bentuk perlindungan/imun otomatis pada tubuhkita"