Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 jenis lampu rumahan berdasarkan harga dan spesifikasinya

Perkembangan teknologi akhir akhir ini begitu pesat disegala bidang.Elektronik,mesin gadget pintar lainya memliki kecanggihan yang dulu tidak pernah kita bayangkan akan ada.Dulu saya masih ingat saat ada hajatan di malam hari masih menggunakan lampu minyak petromax.Lampu ini mempunyai cahaya yang sangat terang.Jika tekanan berkurang kita harus memompa agar cahaya lebih terang lagi.Lampu fiilamen memang sudah lama digunakan sejak thomas alfa edison menemukanya.Namun bola lampu tersebut masih banyak kekurangan.Selain mengeluarkan energi panas,lampu ini tidak tahan lama.
selain lampu tersebut,banyak jenis-jenis lampu dengan teknologi terbaru.Pabrik -pabrik lampu berlomba lomba menciptakan jenis lampu dengan teknologi terbaru.Ada yang digunakan untuk rumahan ada juga skala besar untuk aula atau stadion .
Bermacam lampu banyak ditemukan di warung atau toko.Mulai dari yang termurah sampai yang termahal.Berikut ini adalah jenis lampu rumahan berdasarkan harga ,spesikasi hingga ketahanan.Jadi sobat bisa memilih jenis lampu yang akan dipasang dirumah sesuai kebutuhan.


1.Filament ( bohlam pijar)

Bolam pijar ini mungkin yang paling banyak digunakan,apalagi di pelosok kampung masih familiar dengan lampu bernyala kuning ini.
bohlam ini mendapatkan cahaya dari aliran listrik yang menuju kawat filament.Jadi sebenarnya lampu ini menghasilkan energi panass lebih besar dibandingkan cahaya itu sendiri.Kerusakan terjadi jika kawat putus sehingga arus tegangan terhenti.Jika rusak lampu ini tidak dapat diperbaiki apalagi didalam bohlam hampa udara sehingga jika dipecahkan berbunyi cukup keras.


  • Harga : Rp 3500-10.000 tergantung Watt
  • komponen terbuat dari kawat filament,fifting    ulir alumunium dan kaca penutup
  • Masa pakai : Masa pemakaian rata-rata 2000 jam
  • Daya : 5- 100 Watt.


2.TL / Neon ( Tube lamp/Luminescent)

TL atau lampu neon adalah lampu berbentuk tabung dengan cahaya putih terang.Lampu ini cukup populer setelah lampu pijar.Lampu neon menggunakan tenaga lisstrik untuk menguapkan merkuri sehingga butiran fosfor dalam tabung kaca berpendar dan menghasilkan cahaya.Cahaya yang dihasilkan lampu TL sangat terang,namun karena mengandung merkuri agar tidak menatap secara langsung lampu TL yang bercahaya.Merkuri dapat mengakibatkan mata terasa sakit dan kelainan kulit.Disarankan untuk memakai di tempat yang agak tinggi.
Untuk menyalakan lampu ini,diperlukan satu rangkaian yang terdiri dari lampu,starter,fifting dan Balast (sejenis trafo ).
Lampu TL biasa digunakan dirumah rumah dan gedung perkantoran  seperti sekolah,pabrik dll.Bagian lampu TL antara lain :
-TL : tabung lampu panjang
-starter : berfungsi untuk starter electric
-fifting: tempat lampu
-Balast : sebagai penyetabil arus
Untuk harga lampu berkisar antara 20ribu hingga 50 ribu tergantung merk dan daya watt.Sedangkan untuk ketahanan rata rata mencapai 15.000 jam.Lebih lama kan daripada lampu pijar biasa.

3.CFL (Compact fluoresence lamp)

Teknologi yang digunakan lampu CFL sama dengan yang digunakan lampu neon.Hanya saja lampu CFL lebih ringkas dan tidak memerlukan rangkaian seperti lampu TL.Bisa dibilang lampu CFL adalah lampu neon kecil.Dipasaran  harganya cukup mahal berkisar antara 30-100ribu ,namun ada juga yang murah dibawah 20 ribu. Bagian- Bagian lampu ini sama dengan bohhlam pijar biasa.Jadi langsung bisa dipasang pada fifting rumah.Untuk tingkat ketahananya relatif lama hingga 20.000 jam.Bahkan ada salah satu lampu di ruang tamu saya sampai 10 tahun.Untuk jangka panjang lampu ini cocok untuk rumah rumah.

4.Hybridhalogen CFL

Lampu ini bisa dibilang gabungan teknologi antara Lampu pijar dengan CFL.Namun memiliki nyala yang lebih terang dan tahan lama.Lampu ini diklaim hemat energi dan cocok dipakai di rumah rumah.Karena teknologi terbaru,model lampu ini masih terbbilang jarang ditemukan.Selain itu harganya juga relatif mahal.Cahaya yang dihasilkan mencapai 8 kali lipat dibandingkan lampu pijar biasa dengan watt yang sama.

Posting Komentar untuk "5 jenis lampu rumahan berdasarkan harga dan spesifikasinya"