Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bahan alternatif murah meriah yang bikin motor kamu kinclong seharian

Punya motor kesayangan sendiri pastilah menjadi hal wajib buat sobat semua.Apalagi masih baru,tiap hari dielus-elus takut ada yang lecet.Motor harus selalu terlihat kinclong apalagi buat jomblowan buat dijadikan senjata mencari pasangan.Tentunya bukan perkara mudah menjadikan sebuah motor selalu terlihat kinclong.Rajin mencuci atau bawa ke cucian motor steam saja masih belum cukup.Diperlukan polesan tambahan agar motor yang sudah dicuci terlihat mengkilap seharian.
Banyak produk pengkilap mobil maupun motor dipasaran.Meskipun harganya murah,kalau dipakai tiap hari pasti terasa juga di kantong.
Apalagi berdasarkan pengalaman sendiri memakai pengkilap motor yang tentu saja berbahan kimia keras lama kelamaan malah membuat motor kusam dan cat terlihat memudar.Tapi bisa juga karena pemakaian dibawah terik matahari penyebabnya.
Kali ini SobatLima.com akan memberikan tips dan trik bahan alternatif untuk membuat motor kinclong seharian.Bahan ini mudah didapat,alami dan tentu saja murah.Langsung saja cekidot....

1.Sunarsamin

Mungkin jika sobat cari bahan sunarsamin ini sampai ke ujung dunia manapun tidak akan ketemu.Atau coba search di google,palingan cuma di www.sobatlima.com yang ada.Sunarsamin adalah sebuah ramuan yang saya dapat sewaktu bertapa di goa Utub dan langsung saya praktikan pada motor kesayangan saya sendiri Red Beat.Dan hasilnya sungguh diluar dugaan.Seharian saya pakai muter muter tetep bikin silau.
Berikut ini adalah bahan campuran ramuan tersebut.
1.Sunlight (pencuci piring)beli yang paling murah saja Rp.1500.
2.Air bersih bisa air sumur atau pam Rp.0
3.Shampo 2 shacet yang anti dandruff (bisa     clear,sunsilk dll.) jangan sampo bubuk
Rp.1000
4.Minyak goreng 50 ml ( seperempat gelas)
minta saja ibu di dapur Rp.0
Jadi total pengeluaran hanya Rp.2500 -,
Untuk cara pembuatanya mudah saja,tapi sebelumnya saya jelaskan arti dari sunarsamin adalah singkatan dari sunlight,air,sampo,dan minyak (gubrakkk)
Maksud saya supaya mudah diingat saja.Sedangkan untuk peralatan hanya gelas dan alat semprot,bisa bekas semprotan pelicin pakaian .
Caranya adalah yang pertama isi gelas (220 ml)dengan air kurang lebih seperempatnya saja.Masukkan minyak goreng 50ml dan aduk hingga rata.
Selanjutnya tambahkan 2 sendok makan sunlight lalu aduk hingga seperti salju.Terakhir masukkan 2 shacet shampo dan aduk hingga rata.SELESAI
Untuk pengaplikasiannya masukkan campuran kedalam alat semprot.Dan semprotkan pada kendaraan sedikit demi sedikit sambil dilap dengan kain hingga mengkilap.Campuran ini bisa digunakan berkali kali dan memang saya coba sendiri dan terbukti.

2.Minyak kayu putih

Untuk alternatif kedua sebagai bahan pengganti mengkilapkan kendaraan adalah minyak kayu putih.Minyak kayu putih ternyata juga ampuh untuk mengkilapkan motor kesayangan kita.Pada awal percobaan,biasa saya gunakan untuk membersihkan layar hp android dan ternyata bisa bersih dan layar sentuh menjadi licin.
Iseng saya coba membersihkan kaca helm.Dengan selembar tisu yang saya kasih sedikit minyak kayu putih,ternyata hasilnya waooww sekali.
Nah untuk pemakaian pada motor tentu saja kita cuci dulu motor dan keringkan.Untuk pemakainya bisa menggunakan kain halus.
Minyak kayu putih mempunayi beberapa kelebihan sebagai pengkilap motor,salah satunya jika motor kena debu bisa langsung kita lap agar mengilap lagi.Dan yang pasti motor tidak akan kembung atau sakit perut (hehehe)

3.Baby oil untuk dek berwarna doff

Tiap motor terbaru atau yang sudah lama pasti menggunakan warna hitam doff untuk bagian tertentu misalkan penutup kenalpot.Bagian pijakan terutama motor matic.Namun karena permukaan yang tidak terlalu halus maka debu dan kotoran akan menempel dan susah hilang.Ada bahan alternatif lain selain pengkilap motor komersil yang biasa dijual.Baby oil....!
Nah ,baby oil ternyata bisa juga untuk mengkilapkan motor kesayangan.Caranya gunakan tisu atau tangan untuk menaruh sedikit demi sedikit baby oil pada dek yang berwarna doff.Lalu ratakan dengan kain yang halus.Jika masih kurang bisa ditambah lagi hingga didapatkan sesuai keinginan

4.Oli untuk kaca speedometer

Seiring pemakaian tentu saja semua bagian motor lama kelamaan akan kusam.Terutama pada mika penutup speedometer.Biasanya karena terik matahari,Penutup akan pecah pecah atau retak.Sebenarnya lebih baik dicegah terlebih dahulu dengan menempelkan scotlet transparan yang agak gelap.Tapi jika sudah terlanjur pecah pecah atau kusam,ada trik murah dan mudah yanng bisa sobat gunakan.
Caranya adalah dengan oli bekas.Usapkan dengan jari secukupnya saja sampai rata.Diamkan sejenak,lalu usap dengan kain halus.Setelah bersih usap lagi dengan tisu lembut maka penutup speedometer akan seperti baru kembali.Nggak percaya..?
Coba aja.

5.Bedak herocyn

Tahu kan bedak herocyn yang sering digunakan untuk biang keringat? biasanya bedak tersebut dijual di apotik dan toko toko.
Kalau hanya untuk mengkilapkan motor yang masih baru,bedak ini bisa digunakan langsung dengan cara ditabur dan gosok dengan ruas jari.Lalu dilap hingga bersih.
namun untuk dek atau motor yang sudah lama dan kusam catnya ada trik tersendiri.Jika biasanya mengguunakan kompon,maka untuk bahan alternatif bisa menggunakan lotion anti nyamuk.Caranya dengan menggosokkan autan atau lotion anti nyamuk dengan jari sampai cat terlihat memudar.Setelah itu baru menggunakan bedak herocyn seperti tadi.
semua yang saya tulis disini sudah saya coba dan praktikkan sendiri.Jadi sobat juga bisa mencoba karena murah dan aman.Jangan bosan ya baca artikel di SobatLima.com