Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sharing pengalaman Bayar pajak motor di Samsat Temanggung Bersih,Cepat dan tepat

Sharing sedikit pengalaman saya tadi sewaktu bayar pajak di Samsat kabupaten Temanggung Jawa Tengah.Kenapa saya share? yah karena saya merasa senang dan bangga bahwa ada kemajuan beberapa tahun ini dalam pengurusan segala macam yang berbau birokrasi.Sedikit flashback sekitar 6 tahun  lalu dimana sewaktu membayar pajak plus ganti plat sepeda motor saya.Waktu itu terkesan masih ribet muter sana sini,bayar ini itu.Saya masih ingat betul bahwa biaya yang saya keluarkan berbeda lbih banyak dari yang tertulis di stnk dan tnkb.Plus antri yang terlalu lama.Tapi itu dulu,pemandangan berbeda terlihat tadi pagi.Begitu masuk gerbang samsat halaman terlihat rapi dan bersih.Meskipun baru dalam taraf pembangunan bagian depan,namun keadaan tersebut  tidak terlalu mengganggu.Nah, disini saya akan menjelaskan secara rinci detail pengurusan STNK dan TNKB (ganti plat) motor saya Honda Beat 2013.

1.Persyaratan lengkap yang harus dibawa

Untuk persyaratan adalah BPKB,STNK asli,KTP (sesuai BPKB),Motor ( khusus untuk ganti plat), dan paling penting adalah Alat tulis untuk mengisi blangko.Hal ini perlu kita persiapkan agar nanti sesampainya di Kantor Samsat tidak perlu balik lagi karena persyaratan kurang lengkap.Nah jika semua sudah lengkap termasuk uang(untuk motor 110 cc - 150 cc kurang lebih siapkan 500rb) kita bisa langsung OTW.

2.Sesampainya di kantor samsat.

Begitu masuk akan ada tukang parkir yang mengarahkan untuk langsung antri cek fisik.Usahakan berangkat sepagi mungkin agat dapat antrian awal.Setelah motor dapat tempat antrian,lanjut fotocopy persyaratan.Di kantor Samsat Temanggung ad sebuah loket khusus fotocopy.Yang perlu di foto copy adalah BPKB,namun serahkan sekalian stnk dan ktp asli agar diatur dengan rapi oleh tukang fotocopy.

3.Cek fisik

Pelayanan kantor samsat dimulai pukul 08.00 tepat dan ditutup pukul 15.00,khusus hari sabtu hanya sampai jam 12.00.Sembari menunggu,bisa kita baca-baca alur pengurusan mulai dari pajak,stnk bahkan mutasi di papan informasi yang disediakan.
Setelah pelayanan dimulai pegawai khusus untuk cek fisik rangka dan mesin akan memulai.Perhatikan juga jika ada oli atau kotoran pada no mesin agar dibersihkan dahulu.Setelah selesai petugas akan menempelkan no rangka dan mesin pada berkas yang kita siapkan tadi.Kemudian berikan pada loket cek fisik untuk dicap.Sampai disini hanya perlu waktu beberapa menit dan GRATIS....!!!

4.Pendaftaran.

Kita lanjut ke loket pendaftaran.Di Temanggung letak loket pendaftaran ada di lantai 2.Serahkan berkas dan tunggu sebentar petugas akan mencetak blanko pendaftaran.Nah setelah blanko ada isi dengan nama dan alamat sesuai KTP.Kalau dulu saya harus mengisi bermacam2 seperti jenis motor dll.Tapi kali ini cuma nama dan alamat sesuai ktp saja.Setekah  itu kita menuju ke loket selanjutnya.Loket bertuliskan penelitian tahun dll.Setelah berkas diletakkan kita akan diberi no antrian.Tunggu beberapa menit.
Ada sebuah display lcd diatas kasir yang nanti akan menunjukkan berapa jumlah yang harus dibayar.Untuk motor beat saya tertera 360 ribu. Ada 2 loket pembayaran,saat no antrian dipanggil pembayaran pertama adalah untuk pajak sebesar 200 ribu dan loket selanjutnya pengurusan tnkb dan nomor kendaraan 160 ribu.Setelah lunas maka STNK dan TNKB keluar.
Pada STNK terlihat nominal lengkap sebesar 360.000 rupiah.tanpa  tambahan biaya apapun.

5.Pengambilan plat nomor.

Sesudah pembayaran bawa STNK ke loket plat nomor.Disana akan di buat plat nomor sesuai STNK.Proses hanya beberapa menit.Setelah Plat nomor diberikan,maka proses selesai dan perlu diketahui untuk pengambilan plat nomor juga GRATIS...Jadi kesimpulanya adalah bahwa proses lebih cepat dibanding tahun2 tahun sebelumnya dan pembayaran adalah yang terterra pada STNK ditambah uang parkir Rp.2000.
Baca juga :

Posting Komentar untuk "Sharing pengalaman Bayar pajak motor di Samsat Temanggung Bersih,Cepat dan tepat"