Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Perawatan gigi alami jaman tempo dulu

Memelihara kesehatan gigi adalah hal yang wajib kita lakukan agar gigi kita sehat dan tidak berlubang.Seringkali orang menyepelekan perawatan gigi,kemudian jika sudah berlubang dan merasakan dahsyatnya sakit gigi barulah penyesalan datang.Gigi yang sudah berlubang,jika tidak ditutup akan semakin berlubang bahkan hingga gigi habis alias ompong.Untuk itu disarankan menyikat gigi minimal 2 kali sehari.Selain itu ada juga cairan pembersih gigi dengan berkumur.Apakah efektif? sebenarnya masih dalam perdebatan karena hal tersebut juga tergantung dari pola makan.Pernahkah sobat lima melihat nenek nenek mengunyah kapur sirih? Dulu saya sempat penasaran untuk apa mengunyah sirih dan sejenis daun hingga gigi dan mulut kemerahan.Nenek saya bilang untuk perawatan gigi.Belakangan saya tahu bahwa memang ada cara tradisional nenek moyang kita dalam merawat gigi agar sehat hingga usia senja. Dan terbukti cara merawat gigi orang dulu memang lebih baik meskipun terlihat menjijikkan. Tapi jarang orang dulu yang terkena gigi karies,karang gigi,gigi keropos dll.Berikut adalah 4 cara perawatan gigi jaman old yang sangat efektif


1.Gosok gigi dengan serbuk bata merah

Serbuk batu bata merah mempunyai tekstur yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembek.Serbuk batu bata merah sering dipakai untuk memutihkan dan membersihkan gigi.Bahkan sewaktu saya masih sekolah dasar beberapa kali guru kesehatan memberikan praktek langsung sikat  gigi dengan serbuk bata merah.Jika anda penasaran ingin mencobanya silahkan saja,karena memang terbukti bisa memutihkan gigi dengan alami.
Caranya: Ambil batu bata merah yang masih baru,jika sudah lama bersihkan dulu dari lumut dan kotoran.Kemudian hancurkan hingga lembut.Setelah itu disaring dengan saringan teh atau kopi.Nah,serbuk yang lembut itulah yang digunakan.Sebelum gosok gigi berkumur terlebih dahulu.selamat mencoba...

2.Nginang (mengunyah ramuan kapur sirih)

Mungkin hal ini masih dilakukan hingga sekarang oleh nenek- nenek usia 80-an keatas.Karena nenek saya pun masih melakukanya.Usia nenek saya sekitar 85 tahun dan gigi masih lengkap,bahkan makan daging pun masih ok.Sering juga belia menyuruh saya membeli bahan bahan untuk "nginang"/nyirih.
Saya sendiri belum pernah mencobanya karena rasanya pahit waktu saya tanyakan.Jaman dulu tua muda melakukan nginang ini untuk merawat gigi.Selain gigi kuat,zat kapur juga membantu menutup lubang gigi dan membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.Bahan bahan untuk nginang/nyirih ini mudah didapatkan di pasar tradisional.Antara lain kapur sirih (injet) gambir,buah pinang,dan daun sirih.Caranya campurkan ketiga bahan lalu bungkus dengan daun sirih dan dikunyah.Mungkin cewek jaman now pasti jijik jika harus mengunyah sirih.Tapi jika kita tahu manfaatnya why not? selain menguatkan,nginang juga bisa menghilangkan bau nafas tal sedap.

3.Bersiwak

Bersiwak adalah salah satu cara yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW.Bersiwak atau membersihkan gigi dengan ranting pohon juga cara yang lazim digunakan orang orang jaman dulu.Untuk bersiwak kita bisa mengunakan ranting pohon arak (peelu) atau bisa dengan ranting pohon palem,kenari  dan zaitun.Caranya adalah seperti menggosok gigi seperti biasa.Pohon arak (siwak) juga memiliki beberapa manfaat diantaranya kandungan mineral dari ranting siwak bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu bisa juga mencegah gigi berlubang dan juga memelihara gusi.

4.Gosok gigi dengan arang kayu

Orang jaman dulu ternyata juga menggunakan arang untuk memutihkan gigi.Caranya hampir sama dengan batu bata merah.Yaitu arang dihaluskan dan disaring lalu digosokkan pada gigi yang kuning.Mungkin terlihat ekstrim dan agak horor ya.Tapi begitulah orang orang jaman dulu memanfaatkan bahan bahan alami untuk kehidupan sehari-hari.

tag : perawatan gigi alami,cara merawat gigi alami,merawat gigi secara alami,merawat gigi berlubang secara alami,merawat gigi dengan bahan alami,merawat akar gigi secara alami,cara merawat gigi putih alami,mengobati gigi berlubang alami,mengobati gigi ngilu alami,perawatan gigi putih alami,cara merawat gigi berlubang secara alami,cara merawat gigi retak secara alami,cara merawat gigi keropos secara alami,mengobati gigi sakit alami

Posting Komentar untuk "4 Cara Perawatan gigi alami jaman tempo dulu"