Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Minuman lezat Tradisional khas indonesia dari berbagai daerah dan cara membuatnya

Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah yang  berguna bagi kesehatan dan pengobatan.Jahe ,kunyit ,cengkeh ,kayu manis dll mudah didapatkan di pasar pasar tradisional.Banyak sekali pengobatan tradisional jaman dulu yang menggunakan rempah rempah ini.Biasanya dibuat seperti jamu atau dicampurkan dengan makanan.Jamu biasanya dikenal pahit rasanya.Namun ada juga loh sob minuman menyehatkan yang rasanya nikmat.Minuman ini sudah diwariskan turun temurun hingga orang tidak tahu siapa yang pertama kali membuatnya.Disini akan saya ulas 5 minuman tradisional nikmat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Selain enak minuman uni juga terkenal seantero nusantara.Tiap daerah juga punya nama nama tersendiri.Penasaran kan? yuk langsung saja kita simak

1.Saraba

minuman khas dari kota makassar ini terkenal akan khasiat dan juga kelezatanya.Di daetah sulawesi tengah sampai utara banyak yang menjual minuman ini.Karena memang dulu saya 4 tahun lebih di Sulawesi.Minumqn  ini sering saya minum jika badan letih dan untuk menghangatkan tubuh apalagi jika sering bergian jauh.Rasa jahe merah langsung begitu terasa menghangatkan.
Jika sobat ingin mencobanya,tidak perlu jauh jauh ke sulawesi,ini adalah resep untuk membuat 1 liter ( 4 gelas) Saraba :
Bahan bahan
1.Jahe merah/putih dua siung
2.Santan kental dari setengah kelapa (250 ml)
3.250 gr gula merah atau disesuaikan
4.10 butir lada hitam
5.Cengkeh secukupnya
6.2 batang kayu manis
7.setengah sdt pala dan sedikit garam
caranya grepek jahe,lada hitam,cengkeh,kayu manis dan pala.Rebus bahan dengan api sedang.Masukkan santan.Terakhir masukkan gula merah jika kurang manis bisa ditambahkan gula putih.Sajikan saat masih hangat.

2.wedang ronde

Sesuai namanya,wedang ronde berasal dar jawa khususnya jawa tengah.Wedang ronde populer sebagai penghangat badan dan juga bisa menenangkan pikiranNamun menurut wikipedia ternyata minuman ini terinspirasi dari china.Disana minuman ini  disebut tangyuan.Bahkan ada festival khusus minuman ini.Wedang ronde juga terasa sekali rasa jahenya.Untuk membuatnya mudah saja.Pertama adalah membuat bola bola ronde.Bahannya adalah tepung ketan,garam,untuk mempercantik bisa tambahkan pewarna.Campurkan tepung ketan dan air hangat sedikit demi sedikit hingga kalis .Untuk isi ronde adalah kacang tanah digiling atau blender.tambahkan sedikit gula dan garam. Buat bulatan ronde yang diisi dengan gilingan kacang tadi.Masukkan pada air mendidih.Angkat dan tiriskan.
Lanjut membuat minuman jahe.Bahan adalah 2.000 ml air,2 jahe dibakar dan serai,memarkan jahe dan serai rebus semua bahan tambahka garam secukupnya terakhir masukkan daun pandan.
untuk penyajian tambahkan pelengkap yaitu kacang,kolang kaling, dan roti tawar .Gunakan mangkuk sedang masukan kacang,irisan kolang kaling dan potongan roti tawar (potong kotak kotak) lalu masukkan bola bola ronde dan tetakhir tuangkan air jahe selagi panas.Selamat menikmati..

3.STMJ   (Susu Telor Madu Jahe)

STMJ adalah singkatan dari Susu Telor Madu Jahe.Minuman yang berasal dari Malang ini terkenal sebagai minuman pengusir masuk angin.cocok diminum waktu cuaca dingin.Mungkin jika dilihat dari bahan-bahan pembuatnya,anda pasti berfikir rasanya pasti tidak karuan.Tapi jika anda sudah merasakan sensasi kehangatanya dijamin akan ketagihan.
Untu membuatnya mudah sekali.Siapkan bahan sesuai namanya susu murni,telur (ayam kampung),jahe,madu,dan gula pasir bisa juga ditambahkan ginseng secukupnya.

Langkah pertama rebus susu murni dan jahe yang sudah dimemarkan.Sambil menunggu ambil kuning telur,madu,dan ginseng.Kocok kuning telur dalam gelas besar bersama bahan lainya.Setelah susu mendidih tuangkan dalam gelas berisi campuran bahan  tadi.terakhir tambahkan gula pasir sesuai selera dan STMJ
siap dinikmati

4.Bir pletok betawi

Minuman khas dari betawi ini juga cukup populer sebagai minuman yang diandalkan terutama cuaca dingin.Bir pletok memang memiliki tampilan seperti minuman anggur yang sering diminum orang belanda jaman dulu.Karena itu minuman ini disebut bir pletok oleh oleh orang betawi.Berikut ini adalah resep untuk membuat bir pletok khas betawi.

1.4 gelas air
2.Jahe (memarkan) 200 gr
3. cengkeh 3 btr
4.kayu manis 2 cm
5.kapulaga 2 buah
6.3 batang serai (memarkan)
7. kayu  secang 15 gr
8. seperempat btr pala (memarkan)
9.250 gr gula pasir
10. garam secukupnya
Cara membuat bir pletok :

Panaskan air dalam panci dan masukkan gula pasir dengan api sedang.Setelah agak mendidih masukkan jahe yang telah dimemarkan lalu aduk sambil memasukkan bahan berurutan mulai dari kapulaga, cengkeh,kayu secang dan pala.Terus aduk hingga rata.
Kecilkan api dan masukkan serai yang telah dimemarkan.Jika aroma rempah yang keluar sudah kuat (kurang lebih 1 jam) angkat dan saring untuk menyajikan.Sajikan dengan camilan ringan.

1 komentar untuk "5 Minuman lezat Tradisional khas indonesia dari berbagai daerah dan cara membuatnya"

Unknown 15.42 Hapus Komentar
Coba ah