Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara dengan jumlah utang luar negeri terbesar di dunia

Utang Indonesia mungkin besar karena mencapai hampir 5000 trilyun Rupiah bahkan lebih.Namun utang tersebut masih dalam batas aman karena hanya 35 % dari pdb.Bahkan rasio utang indonesia terendah kedua di asean setelah brunei.Nah,sobat lima...sebanyak 190 negara punya utang luar negeri.Jumlah utang global menurut Laporan dari Institute of International Finance (IIF) saat ini mencapai US$ 233 triliun, dan terus bertambah.
Dalam laporan tersebut, IIF juga mengungkap bahwa penyumbang utang global terbesar datang dari perusahaan mencapai US$ 68 triliun.
sedangkan penyumbang utang global terbesar kedua adalah pemerintah sebesar US$ 63 triliun. Ketiga institusi finansial tercatat memiliki US$ 58 triliun total utang global.
laporan itu juga mengungkap bahwa negara-negara maju justru memiliki jumlah utang yang sangat besar.Utang yang dipinjam negara digunakan untuk menutupi kebutuhan anggaran jangka pendek maupun untuk membiayai proyek jangka panjang.Lalu negara mana saja yang memiliki utang terbesar?apakah Indonesia?!
Simak 5 Negara dengan utang terbesar didunia!!!

5. Prancis

Diurutan kelima adalah perancis.Negara yang terkenal dengan menara eiffel ini mempunyai
utang luar negeri sebesar US$ 2.375 miliar
atau 3,8 persen dari total utang seluruh negara dunia.

4. Italia

Itali di peringkat keempat dengan jumlah utangmwncapai US$ 2.454 miliar dengan
Presentase utang 3,9 persen dari total utang seluruh negara dunia.

3. Tiongkok

Negeri dengan jumlah penduduk terbesar didunia ini juga punya utang yang cukup besar
Sekitar US$ 4.976 miliar atau 7,9 persen dari total utang seluruh negara dunia.Namun pengelolaan yang baik,bahkan hukuman mati untuk koruptor membuat negara ini menjadi salah satu negara maju di dunia.Dominasi kekuatan ekonominya mampu menyaingi Amerika Serikat.

2. Jepang

Negeri Sakura ternyata mempunyai utang diatas Tiongkok.Dengan jumlah utang mencapaiUS$ 11.813 miliar atau sekitar 18,8 persen dari total utang seluruh negara dunia.

1. Amerika Serikat

Nah kita menuju posisi pertama negara dengan utang terbesar didunia,siapa lagi kalau bukan paman sam.Meskipun menjadi negara adidaya dan juga punya cadangan emas terbesar,tidak membuat negeri paman sam terbebas dari utang.
Hingga 2018 ini
jumlah utang Amerika mencapai US$ 19.947 miliar sekitar 31,8 persen dari total utang seluruh negara dunia.Woooww
Itulah peringkat 1-5 negara dengan utang luar negeri terbesar didunia.Mereka maju dengan utang yang besar.Berdasarkan catatan BI,utang indonesia mencapai US$ 387 miliar pada 2018.Bye sobat lima.....

Posting Komentar untuk "5 Negara dengan jumlah utang luar negeri terbesar di dunia"